Archive for the ‘Karya Pantun’ Category

Waktu itu Berawal dari melihat materi video sekolah online, hari itu materi tentang Tanaman Padi bu guru berpantun …..

Buah manggis rasanya manis 
Kecil - kecil buah kedondong
Wahai anak - anakku yang manis
Pasti selalu semangat dong 

Awalnya kelihatan lucu tapi lama - lama kok jadi seru aku jadi tertarik, terus pernah mendapat tugas pantun tentang hewan kura - kura  kemudian aku belajar membuat pantun bersama ibuk ku awalnya susah banget karena pantun itu 4 baris dan akhiran nya harus sama ..... ibuk ku gregeten kayaknya ngajarin aku gak bisa - bisa hahahaha lha memang susah kok .... Lama - lama setiap hari aku belajar berpantun dan membuat pantun ...setiap pagi aku membuat pantun semangat pagi ....


Jalan - jalan nonton karapan sapi
Jangan lupa memakai dasi 
Ayo semangat pagi
jangan lupa sarapan pagi 

kebiasaan sering berpantun jadi keterusan nih …

Buah manggis rasanya  manis
Bulat - bulat buah kedondong
Bu susan Manis
Kinan kenalan dong 

jawabnya bu susan kan sudah kenal kin ….. bu guru ku kalau manggil aku itu kin kin …lucu ya kin kin.

Bu susan itu jago berpantun teman – teman terkadang aku balas – balasan pantun sama bu guru,ternyata bu guru ku ada yang jago juga berpantun teman – teman, sekarang sering balas – balasan pantun juga sama aku. Awalnya bu guru kayaknya pura – pura gak bisa teman – teman ternyata wihhhh kueren juga pantunya .


BERBALAS PANTUN TEMA PERALATAN DAPUR

Ada sutil  ada uleg – uleg
Alat wajib di dapur ibu
Sarapan lezat ala warteg
Jangan tunda ayo serbu

Ada sutil ada wajan
tempe penyet dan sayur manisa
bu firoh ayo sarapan
biar semangat di rabu gembira

BERBALAS PANTUN TEMA SEMANGAT

Rabu gembira mentari bersinar
Makin menyengat pakailah topi
Kinan ceria semangat belajar
Selalu membara bagaikan api

Topi saya bundar
Kupakai saat matahari bersinar
Hari ini ada zoom selingkar
Kinan tetap semangat belajar

BERBALAS PANTUN SEHAT SELALU

Bulan juni segera berlalu
Hari ini terakhir di bulan itu
Ibu dan kinan sehat selalu
Menyambut juli tanggal satu

Nasi rawon perkedel tahu
Itu menu makan siangku
Kinan selalu berdoa setiap  sholat 5 waktu
Bu firoh ku harus sehat selalu

BERBALAS PANTUN TEMA PISANG

Suara adzan berkumandang
Sholat magrib laksanakan
Pisang jangan sekedar di pandang
Ratu ngecemes segeralah makan

Bahasa indonesianya buah pisang
Bahasa jawanya itu gedang
Bu firoh sayang
Aku sudah kenyang

Tema nya kamis bersyukur
Di bulan juli tanggal satu
Aku lagi bantu ibu di dapur
Menggoreng pisang favoritku

BERBALAS PANTUN TEMA NASIHAT

Kemarin sore hujan hujan lebat
 suara petir mengagetkanku
Agar kinan jadi anak hebat
Rajin – rajinlah membaca buku

Ada lauk ada nasi
Nikmat di makan saat hangat
Kinan ingin berprestasi
Rajin belajar dan semangat

Sungguh indah warna pelangi
Salah satunya merah muda
Kinan ceria harum da wangi
Semangat menulis jangan di tunda

Buah mangga masak di dahan
Dipetik satu untuk di makan
Hiasi hari dengan senyuman
Kinan ceria , aktif, dan nyaman

Sholat magrib 3 rakaat
jangan lupa mukenah di lipat
bu firoh selalu bikin semangat
Nasehatmu selalu kinan ingat


BERBALAS PANTUN TEMA SELAMAT MALAM

Ayo wudhu sebelum sholat
Sholatnya lima kali sehari
Bulan purnama bentuknya bulat
Bersinar terang di malam hari

Ikan gurami dalam kolam
Di masak di atas loyang
Kuucapkan selamat malam
Buat bu firoku sayang

BERBALAS PANTUN TEMA JAGA KESEHATAN

Kinan suka makan mentimun
Nasi goreng dan ayam juga
Jamu ibu tingkatkan imun
Senyum ceria kesehatan terjaga

Mentimun segar rasanya
Lebih segar buah naga
Ayo jaga kesehatan kita
Makan buah minum jamu asli Indonesia

BERBALAS PANTUN TEMA MENU MAKAN SIANG

Setelah belajar makan sale
Minumanya jus wortel dan tomat
Menu siang lalapan lele
Ikan asin dan pecel sungguh nikmat

pecel lele nasi hangat
minumny jus tomat
Alhamdulillah masih di beri Nikmat
Jangan lupa sholat dan semangat

PANTUN BIKIN SENYUM

Kuda poni di kepang dua
Bisa terbang dan melayang
bercanda bahagia bersama
Dengan bu firoh sayang

Odong – odong kepala naga
bisa naik bayar  lima ribu saja
melihat suasana alun – alun kota
Musik dangdut mendebarkan dada

Jalan – jalan ke kebun binatang
Jangan lupa bawa rantang
Berpantun membuat ku riang
Helooo…. bu firoh sayang

Liburan naik delman
jangan lupa bawa cemilan
Aku punya guru idaman
Namanya bu firoh dan bu susan





pantun kura – kura

pantun unik pertamaku

Lambat jalan nya kura - kura
Hewan unik bertelinga tiga
Senang bisa melihat bu Lia
Lama tak jumpa karena corona 

Kura - kura tidak berbulu
Mampu berenang namanya penyu
Wahai corona cepatlah berlalu
Karena Ibuku tidak cocok jadi bu guru

Kura - kura hidup di rawa
Tempurungnya sangat keras 
Rasanya kangen bu guru semua
Tetap semangat dan jangan malas 
Biodata

Assalamu’alaikum…

Hallo namaku Gusti Kinanti aku akrab di panggil kinan, aku sekolah di SDΒ Ungggulan AL – YA’LU . Menggambar, menulis, bercerita, membaca Β adalah hobiku. Bersepeda dan merawat kucing kegiatan rutinku di pagi hari. Aku suka mencoba tantangan yang baru baik literasi dan matematika, tidak takut untuk mencoba dan gagal karena berani mencoba itu hebat. Semangat belajar dan berkarya selalu berkibar.

NUBAR OMERA PUSTAKA

penulis favorit

Omera Pustaka
juara 2 lomba menulis cerpen
Selingkar