Author Archive

BERBALAS PANTUN TEMA PERALATAN DAPUR

Ada sutil  ada uleg – uleg
Alat wajib di dapur ibu
Sarapan lezat ala warteg
Jangan tunda ayo serbu

Ada sutil ada wajan
tempe penyet dan sayur manisa
bu firoh ayo sarapan
biar semangat di rabu gembira

BERBALAS PANTUN TEMA SEMANGAT

Rabu gembira mentari bersinar
Makin menyengat pakailah topi
Kinan ceria semangat belajar
Selalu membara bagaikan api

Topi saya bundar
Kupakai saat matahari bersinar
Hari ini ada zoom selingkar
Kinan tetap semangat belajar

BERBALAS PANTUN SEHAT SELALU

Bulan juni segera berlalu
Hari ini terakhir di bulan itu
Ibu dan kinan sehat selalu
Menyambut juli tanggal satu

Nasi rawon perkedel tahu
Itu menu makan siangku
Kinan selalu berdoa setiap  sholat 5 waktu
Bu firoh ku harus sehat selalu

BERBALAS PANTUN TEMA PISANG

Suara adzan berkumandang
Sholat magrib laksanakan
Pisang jangan sekedar di pandang
Ratu ngecemes segeralah makan

Bahasa indonesianya buah pisang
Bahasa jawanya itu gedang
Bu firoh sayang
Aku sudah kenyang

Tema nya kamis bersyukur
Di bulan juli tanggal satu
Aku lagi bantu ibu di dapur
Menggoreng pisang favoritku

BERBALAS PANTUN TEMA NASIHAT

Kemarin sore hujan hujan lebat
 suara petir mengagetkanku
Agar kinan jadi anak hebat
Rajin – rajinlah membaca buku

Ada lauk ada nasi
Nikmat di makan saat hangat
Kinan ingin berprestasi
Rajin belajar dan semangat

Sungguh indah warna pelangi
Salah satunya merah muda
Kinan ceria harum da wangi
Semangat menulis jangan di tunda

Buah mangga masak di dahan
Dipetik satu untuk di makan
Hiasi hari dengan senyuman
Kinan ceria , aktif, dan nyaman

Sholat magrib 3 rakaat
jangan lupa mukenah di lipat
bu firoh selalu bikin semangat
Nasehatmu selalu kinan ingat


BERBALAS PANTUN TEMA SELAMAT MALAM

Ayo wudhu sebelum sholat
Sholatnya lima kali sehari
Bulan purnama bentuknya bulat
Bersinar terang di malam hari

Ikan gurami dalam kolam
Di masak di atas loyang
Kuucapkan selamat malam
Buat bu firoku sayang

BERBALAS PANTUN TEMA JAGA KESEHATAN

Kinan suka makan mentimun
Nasi goreng dan ayam juga
Jamu ibu tingkatkan imun
Senyum ceria kesehatan terjaga

Mentimun segar rasanya
Lebih segar buah naga
Ayo jaga kesehatan kita
Makan buah minum jamu asli Indonesia

BERBALAS PANTUN TEMA MENU MAKAN SIANG

Setelah belajar makan sale
Minumanya jus wortel dan tomat
Menu siang lalapan lele
Ikan asin dan pecel sungguh nikmat

pecel lele nasi hangat
minumny jus tomat
Alhamdulillah masih di beri Nikmat
Jangan lupa sholat dan semangat

PANTUN BIKIN SENYUM

Kuda poni di kepang dua
Bisa terbang dan melayang
bercanda bahagia bersama
Dengan bu firoh sayang

Odong – odong kepala naga
bisa naik bayar  lima ribu saja
melihat suasana alun – alun kota
Musik dangdut mendebarkan dada

Jalan – jalan ke kebun binatang
Jangan lupa bawa rantang
Berpantun membuat ku riang
Helooo…. bu firoh sayang

Liburan naik delman
jangan lupa bawa cemilan
Aku punya guru idaman
Namanya bu firoh dan bu susan

Siapa bisa nyanyi lagu ini ?

Pada hari minggu kuturut Ayah ke kota

Naik Delman istimewa kududuk di muka

Oh ya teman - teman, hari ini di sekolah online aku belajar tentang alat transportasi. Delman namanya, ayo siapa yang sudah pernah naik delman ... ....!
Minggu pagi jalan - jalan 
Menikmati udara nyaman 
Berinteraksi pengguna sesama jalan 
Itulah serunya naik Delman 

Pasti teman – teman sudah banyak yang pernah naik Delman,

Malam ini sangat dingin seperti biasa ku tak bisa tidur sebelum ku mengantuk, ku buka buku kecil berwarna pink bergambar little pony tau gak itu isinya catatan keren bu guruku yang bisa membuatku semangat menulis cerita, aku lihat dan baca,,,,,, ihhhhh dingin sekali kutarik sarung kecil di dekatku, kupakai biar hangat, kemudian ku nyalakan laptop dan menulis ceritaku sambil berpantun, bernyanyi, sambil lihat ibuk ku tidurnya pules.

cerita tentang delman adalah alat  transportasi tradisional yang beroda dua dan tidak menggunakan mesin, jadi menggunakan kuda untuk menggerakkan / menarik dokar tersebut agar bisa berjalan. Biasanya ada tempat duduk memanjang di depan dan dibelakangnya ada dua tempat duduk.Aku suka duduk di depan karena asik bisa lihat ekornya kuda dia lari lenggak lenggok geyang geyong, senang bisa keliling kota naik delman.

selain naik delman aku juga punya pengalaman naik kuda lhooo….. tapi aku sedikit takut, takut di bawa lari sama kuda ….. deg deg an gitu rasanya naik kuda . Ternyata asik dan seru juga keliling naik kuda.

Infografis Bekantan

HALO nama ku kinan aku ingin bercerita dengan kalian semua, tentang hewan lucu, dia endemik , apa itu endemik ? teman – teman sudah tau apa belum ?

ya… betul sekali endemik itu hewan yang hanya di temukan di daerah itu saja tidak di temukan di daerah lain. Indonesia memiliki beberapa hewan endemik, diantaranya ada yang unik khas daerah Kalimantan. Itulah dia, bekantan. Si Hidung Panjang hewan endemik di hutan kalimantan yang habitatnya tidak jauh dari sungai, hutan bakau dan hutan dataran rendah dekat air tawar. . Wajahnya unik sering di jadikan maskot seperti ASEAN games, Dunia Fantasi dan maskot Provinsi Kalimantan.

Monyet berhidung panjang dan menggantung,hidungnya berfungsi sebagai alat bernafas dan menciptakan ruang gema yang menguatkan suaranya. Ekornya pun sama panjang dengan badanya, bulunya berwarna coklat kemerahan, kakinya memiliki selaput diantara jari – jari untuk memudahkan mereka berenang.

Makanan yang dimakan yaitu buah – buahan dan aneka daun – daunan, Bekantan jantan badanya lebih besardaripada bekantan betina. Berat badan jantan bisa 24 kg sedangkan betina 12 kg.

Nah…. itu lah infografisku tentang bekantan teman – teman , aku punya pengalaman sama si bekantan ini, waktu itu ada tugas sekolah presentasi bercerita tentang Si Hidung panjang ini , aku bingung karena aku tak pandai menghafal dan sering lupa aku buatlah infografis biar aku mudah untuk bercerita. Akhirnya bisa bercerita dengan lancar dan semangat.

HAI CORONA....
AKU TAK TAHU KAMU SIAPA
AKU TAK TAHU ASALMU DARI MANA 
KAMU MUNCUL SECARA TIBA - TIBA 
MERUSAK DAN MENGHANCURKAN DUNIA
MERENGGUT BANYAK NYAWA MANUSIA

HAI CORONA .....
SEMUA TAK BISA BERSEKOLAH 
SEMUA TAKUT KELUAR RUMAH
ORANG TUA MUDAH MARAH 
TERUS SIAPA YANG SALAH 

IYA KAMU.... KAMU.... CORONA 
_______________________________________
UNTUK TEMAN - TEMAN SEMUA 
TETAP MELAKUKAN 5 M

1. MEMAKAI MASKER BILA KELUAR RUMAH 
2. MENJAGA JARAK
3. JANGAN LUPA SERING MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN 
4. MENGHINDARI KERUMUNAN
5. MENJAGA MOBILITAS 
_____________________________
INGAT PESAN IBU 
PAKAI MASKERMU
CUCI TANGAN PAKAI SABUN
JANGAN SAMPAI TERTULAR
INGAT SELALU PESAN IBU 
JAGA JARAKMU 
HINDARI KERUMUNAN 
JAGA KELUARGAMU

Waktu itu malam tiba dengan angin kencang dan malam yang sangat dingin, ada 4 ekor burung Beo cantik warnanya merah, biru, hijau matanya hitam paruh yang berwarna putih dia hinggap di pohon Apel yang sangat lebat dan tinggi.Ke empat burung itu bernama mimi, mila,lila dan caca,  kemudian caca, mimi, mila dan lila terbang mencari  serangga untuk makan malam bersama, Caca melihat teman – temanya menghilang, Kemudian  terbang ke sana kemari  mencari temanya tapi caca tidak menemukan teman – temanya.Tiba – tiba caca melihat ada rumah kotor,gelap,seram dan menakutkan ketika caca menuju ke sana di tengah –tengah di hadang 3 serigala yang jahat warnanya terang yang galak giginya bertaring runcing untuk memakan mangsanya bisa saja sekali gigit mangsanya jatuh pingsan karena serigala itu mengandung racun di gigi nya yang terlihat sangat kotor dan banyak ulat yang bisa membuat mangsanya jatuh sakit,

Kemudian caca mencari 3 batu dan mengambilnya satu batu dia taruh di paruhnya dan ke dua batu di taruh di ke dua kakinya  dia terbang di atas ke tiga  serigala itu dan melemparnya dengan batu itu di atas kepala serigala sampai serigala itu pusing dan saling menabrak teman nya kemudian tidak sadar terbentur pohon besar dan semua serigala jatuh pingsan dan caca terbang sekencang – kencangnya meninggalkan serigala itu supaya sampai ke rumah yang menyeramkan itu, Sesampainya di rumah itu caca diam – diam mengintip ternyata ada burung hantu besar yang mengikat mimi, mila dan lilla, Caca pergi mencari tanah kemudian pelan – pelan masuk ke rumah burung hantu itu dan melempar tanah itu ke mata si burung hantu supaya burung hantu itu  kelilipan tidak bisa melihat kalau caca menolong teman – temanya. Caca dengan cepat membuka ikatan tali mimi,mila dan lila dengan paruhnya yang tajam sampai talinya terlepas dan teman – teman caca  bebas. Akhirnya burung – burung beo canti itu bisa terbang dengan bebas mencari makan dan bisa makan malam bersama – sama dengan senang dan gembira.





Hai, aku kinan aku anak Tk yang beranjak ke Sekolah Dasar hari ini adalah  hari sabtu  tepatnya tanggal 19 juni 2021 ibuku berkata hari ini akan menerima rapot akhir semester TK B dan Libur panjang kemudian setelah itu akan melanjutkan ke Sekolah Dasar, sepintas terpikir di memoriku tentang ibu guru ku selama aku di TK, berarti aku tidak akan bersama –sama lagi dengan bu guru TK ku.

Aku meminta ijin ibu ku “ ibu apakah kinan boleh menulis tentang kenangan manisku dengan Bu Guru “ tentu saja boleh jawab ibuku sambil tersenyum, aku ambil pena yang sama dengan punya bu guruku dan beberapa kertas aku mulai menulis dan bercerita bersama ibuku tentang bu guruku.

Pagi itu aku masih sangat imut sekali dengan wajahku yang mungil tanpa rambut di kepala ku memakai baju muslim berwarna pink aku menangis karena aku takut ke sekolah , ibuku merayu dan membujukku kemudian di belokkan ke sebuah toko kecil dekat rumahku aku mengambil sekotak susu dan permen lolipop aku pegang terus permen itu sebagai temanku supaya aku tidak takut, sesampai di parkiran sekolah aku di sambut oleh beberapa ibu guru yang aku belum mengenalnya dan belum tahu namanya. Aku di ajak masuk ke sekolah aku takut tapi ada permen lolipop yang menemaniku jadi aku sedikit berani, itu hari pertamaku masuk pra TK, di dalam sekolah aku di ajak mengenal ibu guru, teman – teman dan bermain bersama, aku tidak banyak teringat kegiatan waktu pra TK yang aku ingat di beri name tag bergambar kelinci karena hewan peliharaan pertamaku yang aku suka, tertulis namaku Kinan dan fotoku. Ada tali berwarna hijau untuk menggantungkan di leherku sampai saat ini aku masih menyimpan tanda pengenal itu. Ada satu lagi yang aku ingat waktu bermain membuat barisan panjang seperti kereta api yang panjang bersama teman – teman dan ibu guruku, itu aku masih kecil banget entah aku sangat gembira saking senangnya  aku berpura – pura menabrak bu guruku sampai aku terjatuh sambil tertawa bersama teman – teman dan bu guru membangunkanku dan menggelitiku aku ingat nama bu guruku itu yah.. itu bu tari yang super suka tersenyum dan bercanda bersama.

Hari berikutnya entah kenapa setiap aku di antar ke sekolah oleh ibuku sampai di pagar bambu berwarna kuning aku pernah menangis tidak mau masuk ke sekolah kemudian aku di sambut hangat dengan bu guruku yang sangat ramah, sabar dan lembut yahh,,, bu Lia namanya “ kinan anak hebat kenapa menangis ayo sini lihat burung sama bu Lia “ dengan cepat bu Lia menggendongku di bawalah aku melihat burung yang ada di kandang dekat sekolahku kemudian aku di ajak masuk ke kelas untuk belajar dan bermain bersama bu guru dan teman – teman.Banyak sekali ilmu dan kenangan yang aku dapat di usiaku yang masih pra TK.

Tak terasa sudah 1 tahun aku melewati masa pra TK dan beranjak ke usia TK A , di sini di pertemukan dengan bu guru yang sangat lincah – lincah sepertiku mau tahu namanya? Beliau yaitu Bu Susan, Bu Husna dan Bu Amel, selama aku di kelas TK A aku banyak kenangan bersamanya, aku di ajari Berdoa, berhitung, menulis,beryanyi,menari dan berenang.suatu ketika  sedang belajar di dalam kelas aku sering meminta ijin ke toilet, kebetulan dekat dengan kelas ku aku berlari karena sudah tidak tahan ingin buang air kecil.Di sana sudah ada ibu – ibu yang mengawasi dan membantu anak – anak yang ke toilet dan membersihkanya jadi tempatnya selalu terlihat bersih karena ada 4 toilet berjejer. Ah lega sekali setelah itu aku tidak langsung kembali ke kelas melihat taman depan kelihatan sejuk aku pelan –pelan ke arah taman dan melihat burung di dalam kandang “burung kamu sudah makan belum wah aku gak punya makanan tapi “ sambil aku menepuk nepuk kandangnya,eh ternyata aku di cari bu guru kemudian aku di ajak masuk ke kelas.

Aku juga punya pengalaman dengan teman – temanku waktu itu bermain menyusun balok siapa yang cepat dialah pemenangnya, ada juga lomba mengambil belut dari tempat yang satu di ambil di kumpulkan di tempat satunya siapa yang menangkap paling banyak jadi pemenangnya, aku geli mendadak gidik – gidik aku ambil belut sambil merem aku berjalan aku pegang erat – erat si belut sambil badanku gidik – gidik, tapi seru sekali pengalaman itu.

Bu Amel itu panggilan bu guruku,suatu ketika aku terlambat ke sekolah karena aku masih susah di bangunkan pagi, sampai di sekolah teman – teman sudah berbaris mengikuti upacara hari senin di taman bermain yang sangat luas, aku masuk ke kelas menaruh tas di kelas kemudian aku malu mau mengikuti upacara aku mencari semut di depan kelas TK B di temani bu Amel yang badan nya besar tapi penyayang.

Nah sekarang bu guruku yang cantik dan berbadan tinggi yang sering aku godain tapi tidak pernah marah pernah aku sembunyi di bawah meja bu Husna mencariku ke mana – mana tapi tidak menemukanku dan akhirnya aku keluar dari bawah meja sambil tertawa senang yeeeee sambil ku meloncat – loncat seru, setiap jam istirahat terkadang aku sering di ajak bercerita aku minta duduk di pangkuanya sambil bercerita, selain itu juga punya kenangan membuat mahkota ikan bersamanya yang sampai sekarang masih aku simpan dan sering aku pakai.

Tapi aku sedih sekali hanya bisa mengenang masa sekolah TK A ku hanya sebentar bersama bu guru karena tiba – tiba ada virus corona yang menghebohkan dunia, sekolah di liburkan kemudian berganti sekolah di rumah padahal aku masih butuh banyak belajar dari bu guru, sedih itu pasti merasa kaget mendadak kehilangan suasana sekolah, bu guru dan teman – teman.

Waktu itu ,Wah…. aku sudah beranjak menjadi anak TK B yang ceria,

“ Kinan hebat tetap semangat ya bu susan kasih bintang karena hari ini sudah belajar membaca “ aku baca di w.a ibuku dengan cepat aku kirim balasan pesan suara “ Terima kasih bu susan bintang nya cantik warnanya pink kinan suka “  hari itu semua kegiatan belajar di lakukan di rumah aku belum bisa membaca dengan lancar sedangkan teman – temanku sudah banyak yang lancar membaca ibuku pernah berkata begitu supaya aku semangat belajar membaca,Aku senang ada pak ojek datang mengantar buku dari bu susan, setiap hari aku belajar membaca 1 lembar setiap hari sampai buku itu habis,aku senang akhirnya bisa membaca kemudian menulis setiap belajar membaca dan menulis aku laporan ke bu susan supaya dapat bintang  hehehe.Kenangan ku bersama bu susan di kelas tidak begitu banyak pernah sih merasa kagum sama bu guru waktu itu ada kelas berenang tapi aku baru sembuh dari sakit jadi tidak di ijinkan ikut berenang aku mengintip lhoooo ternyata bu susan nyebur ke kolam renang ngajarin teman – teman berenang aku senyum – senyum melihatnya wah bu susan keren bisa berenang sayang sekali aku melewatkan momen itu bersamanya hanya bisa mengintipnya .Tapi selama kegiatan belajar online di rumah aku beruntung sekali mendapatkan pengalaman kenangan yang tidak pernah aku lupakan, bu guruku yang super semangat, selalu tersenyum, sabar, dan manis tentunya jago pantun juga lo aku sering balas – balasan pantun lewat w.a entah kenapa jadi ikut suka berpantun, asyik sekali.

Tak berhenti sampai di situ kenanganku bersama nya setiap aku mengikuti lomba olimpiade matematika beliau selalu memberiku semangat “Semangat ya kin ,kinan pasti bisa bu susan selalu berdoa yang terbaik buat kinan tetap semangat ya “ aku masih ingat ketika aku meminta dukungan semangat bu guru  supaya aku tidak gugup.30 menit sebelum lomba di mulai “ bu aku gugup aku gak bisa berfikir lagi “ sambil ku pegang kepalaku dan hampir menitikkan air mata tapi ibu ku selalu tersenyum …..“ kinan berdoa, tenang jangan berfikir ini suatu perlombaan yang harus menang tapi kinan berusaha yang terbaik yang kinan  bisa “ kata ibuku . “ tapi hatiku berdebar – debar terus ini “  aku tunjukkan bunyi detak jantungku pada ibuku, ibuku merayuku dan bertanya padaku kinan sekarang bayangin wajah bu guru, senyum bu guru, semangat bu guru waktu mengajar kinan di sekolah maupun online atau sebut nama bu guru kalau itu bisa membuat kinan sedikit tenang. Aku sebutlah nama Bu susan sambil menggenggam ke dua tanganku.

Ada lagi kenangan manis waktu kelas meet belakangan ini, aku sering menunggu momen berdua bersamanya setiap kelas selesai teman – teman leave semua aku tetap menunggu tidak mau leave aku senang sekali melihat wajah bu guruku aku suka senyum – senyum melihatnya suka di ajak ngobrol tapi aku sering malu – malu aku berharap corona cepat berlalu supaya bisa cepat bertemu dengan bu guruku . Berkat Doa dan semangat yang di berikan kepadaku tak menyangka aku bisa mendapatkan beberapa medali dari olimpiade itu, aku senang sekali.

Aku berhenti sejenak aku letakkan penaku di atas kertas aku menghampiri ibu ku yang  duduk santai menonton tv “ buk kok bisa dekat sama bu firoh gimana ceritanya kemarin itu “  sambil menyandarkan kepalaku di bahunya, dengan senyuman ibuku menjawab waktu itu tidak sengaja  melihat tulisan kinan ada yang belum sempurna selalu ketinggalan 1 huruf nah dari situ memberi masukan dan mengoreksi tulisan kinan yang kurang penulisanya dari situ memotivasi kinan supaya kinan lebih teliti lagi dalam menulis.

Aku kembali ke tempat duduk ku dan melanjutkan menulis ternyata bu guru ku yang belum pernah aku kenal waktu belajar di sekolah juga bisa sangat dekat dengan ibu ku bertukar pengalaman berbagi informasi demi perkembanganku dalam menulis, semakin lama semakin akrab seperti keluarga dan lebih dekat aku mengenalnya sosok yang lembut tutur katanya, halus suaranya, murah senyum pantang menyerah terus menyemangatiku.

Suatu ketika ada info lomba menulis cerpen anak usia TK, aku di beri semangat untuk mencoba tapi aku tidak yakin akan bisa tapi kesabaranya dan nasehatnya bisa membuatku semangat untuk tertantang melakukan itu Alhamdulillah bisa membuatnya bangga aku mendapat juara 2 Lomba menulis cerpen anak TK. Suatu ketika aku di beri hadiah buku oleh ibu ku yang berjudul Bapak Aku Mencintaimu yang mana buku itu ada sebuah karya jari lentik Guruku,aku senang banget pertama yang aku lihat dan baca adalah bagian belakang biodata aku teriak dan menunjuk kan pada ibu ku “ Ibu lihat ini ada foto bu firoh “ dan akhirnya aku tahu kalau nama bu guru ku Safiroh di fotonya sangat manis ternyata seorang penulis.

Tantangan tidak berhenti begitu saja sampai beliau mampu membujuk ku mencoba tantangan baru yaitu mengikuti NUBAR anak yang di adakan oleh Penerbit omera Pustaka semangat nya tak pernah  redup terus membara dan berkibar akhirnya aku bisa melewati tantangan itu dan terpilih menjadi penulis favorit. Selesai satu datang lagi satu tantangan yang membuatku berat untuk mengikutinya yahhhh itu chalenge monolog dimana di usia ku 6 tahun harus bersaing dengan ibu – ibu, kakak yang sudah banyak pengalamanya, aku menolak aku malu dan merasa yakin tidak bisa, ibuku terus membujuk ku dan menyemangatiku untuk mencoba katanya seru, setelah aku terbujuk aku memilih tulisan karya bu guruku yang berjudul Kalaedoskop Ayah. Di waktu senggang aku berlatih  dan terus berlatih “ buk ini susah banget kinan gak bisa “ akhirnya aku di ajak mendengarkan rekaman suara bu guruku membacakan karyanya. Halus, merdu aku tak bisa menahan air mataku mendengar suara beliau yang sesekali serak tak bisa menahan tangis akan kenangan tulisan karyanya “ buk kenapa kinan jadi menangis kinan gak bisa berhenti menangis “ ceritanya membuatku menjadi ikut sedih. Akupun bisa menyelesaikan tantangan itu meskipun berat tantanganya berkat motivasi bu firoh yang sangat luar biasa keren. Tak pernah lelah juga mengarahkan untuk belajar bertutur kata sopan,  belajar menemukan banyak kosakata baru, terus memancingku untuk bercerita dan menuliskan cerita itu setiap ada waktu luang aku  membuka catatanku  dan  berlatih menulis cerita meskipun ceritaku belum bagus tapi bisa membuat ibu tersenyum ketika membacanya katanya lucu.Akhirnya aku terbiasa menulis cerita sederhana semua buah dari ketelatenan bu guru yang membimbingku.

Ada satu lagi bu guruku yang imut dan cantik yang membimbing belajar hafalan Doa dan Surat – pendek panggilanya Bu Filla, setiap kelas meet dengan riang dan sabar mengajari satu persatu anak –  anak yang hadir di kelas online, aku selalu semangat setiap di tanya  “Ayo anak – anak siapa yang sudah hafal  surat  AL – Adiyat “ aku lansung mengangkat tanganku setinggi – tingginya dengan semangat. Seru banget kalau ketemu  Bu Filla.

Itu pengalaman manisku yang tidak pernah aku lupa akan semua jasa, nasehat, keceriaan dan semangatnya yang  menjadi semangatku.

              DOA BUAT GURUKU
 
Ya Allah ya rabb. Berilah kemuliaan untuk guruku begitu banyak ilmu yang mereka sampaikan.AKu mohon lindungi mereka dalam memberikan dan membuka cahayaMu lewat tangan,perhatian dan ucapan, baik support dan semangat  beliau yang sangat luar biasa memberi perubahan positif kepada kami, bagi kami bu guru adalah super power semangat kami untuk terus belajar, pantang menyerah terus mencoba di waktu gagal dan tetap mengibarkan bendera semangat untuk tetap terus berkarya, nasehat dan ilmu bu guru yang sudah sangat melekat di hati akan kami terapkan sampai dewasa nanti .semoga beliau di beri panjang umur untuk melanjutkan cahayaMu,semoga umur beliau penuh barokah.Amin Ya Rabbal Alamin
 
Bu guruku terimakasih banyak atas semua jasa2 mu yang luar biasa,  tetaplah menjadi suport semangatku, sahabatku, dan sebagai orang tuaku.

Mataku tertuju di satu titik indahmu 
Air yang jerni,  mengalir,  mengguyur hatiku
Udara sejuk. pemandangan alam yang natural menjadi daya tarikmu
Meskipun aku belum pernah melihatmu 
Aku sangat takjub dan mengagumimu
                     
semangat berkarya :)
Kau lincah dan lucu 
Kau sangat imut sepertiku

Matamu hitam 
Melihat sangat tajam 

Kumis dan ekormu sangat  panjang
Gigimu tajam untuk menggigit kacang

OooH.... Tupai ku 
Aku gemas ingin memelukmu

Hari selasa ya…… hari selasa hari favoritku kenapa begitu ya …ehmmmm karena hari itu adalah warna seragam kesukaanku seperti biasa setiap hari selasa itu hari sibukku karena banyak jadwal kegiatan yang harus aku kerjakan teman -teman, nah selama pandemi corona setiap selasa aku ada kelas google meet dengan Bu Filla mengajar hafalan surat dan doa kemudian ada tugas cooking class yang masih suasana lebaran tugas memasak dari bu guru memasak ketupat opor ayam teman – teman . Aku suka kalau kelas memasak seruuu banget karena aku suka umek sih .

Wah sudah jam 8:30 waktunya google meet teman – teman selama aku sekolah online ibu ku menyiapkan bahan untuk memasak opor ayam dan aku lagi asik belajar menghafal surat Al-Qoriah dan surat At-Takaatsur bersama bu filla aku semangat sekali karena aku sudah hafal teman – teman.

Gak kerasa kok sudah selesai aja nih kelas online dengan bu guru, aku lirik ibu ku lagi menyiapkan bahan untuk memasak aku langsung ikut membantu aku cuci tangan dan memeras santan wah ternyata asik juga teman – teman memeras santan baru pertama kali aku merasakan . Ibu ku menyiapkan bumbu yang lain aku melanjutkan memeras santan . kemudian aku presentasi membuat opor ayam , teman – teman tau gak apa aja yang di siapkan memasak opor ayam…simak ya teman – teman ?

Nah pertama aku siapkan bumbunya dulu teman – teman ada bawang merah,bawang putih, kemiri, merica, ketumbar,jinten,serai , lengkuas, daun salam, daun jeruk,jahe, santan, garam dan gula.

Aku rebus ayam nya dulu dengan bumbu bawang putih, garam, kunyit ketumbar dan jinten biar tidak berbau amis jangan lupa di cuci yang bersih dulu sebelum di rebus ya teman – teman ,,,,, kemudian aku goreng nih ayam setengah matang …… waktu aku menggoreng tiba – tiba ayamnya jatuh loncat ke lantai hahahahaha ibu ku teriak kaget terus aku ambil ayamnya kemudian loncat jatuh lagi tapi ibuku tidak marah lho teman – teman malah ketawa terus….

Aku suka bantu memasak ibuku karena ibuku gak pernah marah kalau aku ikut – ikut bantu jadi aku tambah senang ingin bantu – bantu terus, aku yang memasukkan waktu menggoreng ibuku yang membalik dan mengangkatnya kalau sudah matang ayamnya. Ibuku mengulek bumbu aku ikut melihat ibu ku mengulek bumbu aku kaget waktu ibu ku menggeprek lengkuas dan serai….seru asik pokoknya.

Kemudian aku menumis bumbu halusnya ..seng oseng oseng sebenarnya takut sih takut kena minyaknya meletik kena tanganku, setelah harum hemmmm baunya wangi harum di masukkan ayam nya kemudian di kasih santan di masak sampai mendidih ehhh jangan lupa garam dan gula secukupnya ya teman – teman ……. hidungku mengembang ngembang terus mencium aroma opor ayamnya.

Yeyyyyyyyyyyy opor ayamnya sudah matang,ibu aku boleh mencicipi kuahnya kataku minta ijin ke ibuku ? iya boleh jawab ibuku ,,,,, ehhhmmm aku ambil sendok dan Bismillah aku cicipi opor ayamnya sudah enak sih , buuu kurang asin sedikit akhirnya ibuku ikut mencicipi dan tanganya cepat mengambil garam, gula lha wong kurang asin kok di tambahin gula bu….. lho iya biar rasanya itu pas kata ibuku.

Alhamdulillah pas opor ayamnya matang waktu makan siang, ibuku jeprat jepret aku banyak gaya merem nya waktu di foto sampai ibuku gemessss hehehe …… kemudian fotonya di kirim ke google classroom akhirnya selesai juga tugas cooking class dari bu guru ,,,,,, waktunya makan ketupat opor ayam….. bismillahirohmanirohim Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaa bannaar. Amin

Pagi yang cerah seperti biasa aku pergi ke sekolah, setiap pagi aku di antar Ibuku dengan naik sepeda aku berdiri di depan biar bisa melihat lihat sekitar jalan, setiap perjalanan aku melihat tingginya gunung aku berkata pada ibukku , Ibu itu lihat ? gunung itu kenapa selalu mengikuti aku kemudian ibuku menjawab itu bukan gunung yang mengikuti kita tapi karena kita bergerak dan gunung itu Tinggi dan tidak bergerak jadi setiap kita melihatnya se akan – akan mengikuti kita sama seperti Bulan , bulan itu besar dan tinggi kalau kita naik kendaraan atau jalan kaki sambil lihat bulan pasti kelihatanya bulan mengikuti kita padahal enggak .

Sepanjang jalan ibuku selalu mengajak ngobrol kadang main tebak- tebak an penjumlahan, tebak – tebak an bahasa inggrisnya hewan atau buah, kadang cerita yang lucu – lucu, sepanjang jalan selalu seru.

Teman – teman, saat aku belajar di sekolah, aku pernah membuat mahkota dengan bu guruku namanya bu Husna bu guru yang badanya tinggi cantik terkadang aku di pangku sambil bercerita. Setelah belajar dan bermain aku dan teman – teman semua membuat mahkota Ikan bersama bu guru …ehhmmmm ayo kinan pilih warna nya ya di warnai ikanya kata bu guruku ehmmmmm aku berfikir pilih warna apa ya ….ahh aku pilih kuning, biru,orange dan ungu aku membuat bersama bu guru. Dan mahkota Ikan ini adalah mahkota pertama yang aku bawa pulang seruuu banget setelah mahkota jadi aku dan teman- teman di foto bersama – sama di taman sekolah kemudian bermain di taman depan kelasku….. terus aku melihat bu firoh membawa satu ember ikan lele ke kelas ,aku intip ternyata bu firoh mengajar mengenal bagian tubuh ikan. Ini kepala, badan,ekor dan kumisnya ikan lele .

Setelah selesai semua di ajak makan siang di resto sekolahan, wahhhhhhh aku senang sekali karena makan bersama sama dengan teman -teman makananya enak – enak dan bergizi nasi dengan sate ikan lele sayurnya bayam ada wortel dan jagungnya aku lahap memakanya .

Nah mahkota ikan ini yang pertama kali aku bawa pulang dan mahkota ini masih aku simpan sampai sekarang, Selama pandemi covid 19 aku sekolahnya online kadang – kadang mahkota ini aku pakai waktu sekolah online aku suka banget kalau pakai mahkota di waktu senam pagi, hafalan doa dan menulis seru sekali.Karena asik lo!!! yey yey. oh iya selama sekolah online aku juga membuat banyak sekali mahkota ada mahkota gunung meletus, mahkota bear,mahkota awan hujan, mahkota suku papua, mahkota pinguin bahkan mahkota master chef.Yang paling aku suka di antara banyak mahkota itu aku paling suka mahkota Ikan karena membuatnya bersama -sama teman dan bu guru jadi nya aku punya kenangan bersama bu guru yang sangat seruu sekali.

Nah Kalau Teman – teman gimana punya cerita seruuu apa nih …. Tetap Semangat Berkarya ya …. :):):)

Teman – teman, buku yang kubawa ini adalah buku antologi pertamaku. Hmmmmmmmmm…… iya teman – teman tulisan pertamaku yang di terbitkan lo ….. Aku senang sekali.

Judul buku : Serunya Hobiku

Jumlah halaman : 68 hal

Penerbit : Omera Pustaka

Karyaku berjudul : Menggambar Kusuka

Ada di halaman 11 nah teman – teman sesuai judul bukunya, aku menulis tentang Hobiku yang sangat seru dan berkesan ceritaku sangat lucu dan menghibur teman – teman karena aku menceritakan kegiatan hobiku sehari – hari dengan menggambar mulai aku tidak bisa menggambar sampai bisa menggambar soalnya kegiatan menggambar aku lakukan setiap hari dengan senang dan gembira nyeletuk celotehku ketawa riang aku juga menulis tentang semua dukungan Ibu guruku yang aku sayangi mereka gak pernah bosen gak pernah marah selalu sabar memberi ku banyak hadiah bintang di buku itu ada juga pantun buatanku lo teman – teman pantun teruntuk bu guruku semua di sekolah. Aku bangga punya bu guru yang hebat -hebat.

Nah kalau teman – teman punya cerita pengalaman dengan ibu guru di tulis ya teman – teman biar bisa jadi karya buku yang keren ….. oke

Salam Semangat Berkarya 🙂





pantun kura – kura

pantun unik pertamaku

Lambat jalan nya kura - kura
Hewan unik bertelinga tiga
Senang bisa melihat bu Lia
Lama tak jumpa karena corona 

Kura - kura tidak berbulu
Mampu berenang namanya penyu
Wahai corona cepatlah berlalu
Karena Ibuku tidak cocok jadi bu guru

Kura - kura hidup di rawa
Tempurungnya sangat keras 
Rasanya kangen bu guru semua
Tetap semangat dan jangan malas 

Komik Belajarku Di Masa Korona adalah komik singkat ke -2 ku yang menggambarkan kita harus tetap semangat belajar meskipun di era pandemi

Salam …

Semangat berkarya

Ling – ling my persia salah satu komik pertamaku untuk mengisi waktu liburan ku teman – teman,aku menggambarkan pengalamanku pertama memiliki hewan peliharaan 🙂

Salam..

Semangat Berkarya

  • komik
Biodata

Assalamu’alaikum…

Hallo namaku Gusti Kinanti aku akrab di panggil kinan, aku sekolah di SD Ungggulan AL – YA’LU . Menggambar, menulis, bercerita, membaca  adalah hobiku. Bersepeda dan merawat kucing kegiatan rutinku di pagi hari. Aku suka mencoba tantangan yang baru baik literasi dan matematika, tidak takut untuk mencoba dan gagal karena berani mencoba itu hebat. Semangat belajar dan berkarya selalu berkibar.

NUBAR OMERA PUSTAKA

penulis favorit

Omera Pustaka
juara 2 lomba menulis cerpen
Selingkar