Kinan Punya pantun teka teki nih

__

Wangi dan berwarna cerah

Ibuku Menanam di halaman rumah

Bunga ini berasal dari Amerika Tengah

Aku Bunga yang sangat indah

__

Lihat bunga di telingaku teman – teman. Siapa yang tahu, bunga apa namanya?

Iya betul sekali. Bunga Kamboja.

Bunga ini ada di halaman rumahku. MasyaAlloh, cantik ya. Kadang – kadang bunganya ada di dahan yang tinggi, terus bagaimana cara mendapatkanya?

Gampang lo. Tinggal di goyangkan aja batangnya hahahaha,, stttttttttttttttt apa yang terjadi !!!!!!!!!

Nah benar sekali, bunganya banyak yang berjatuhan itu caraku, setiap menggambil bunga kamboja karena tubuhku yang kecil tidak bisa memetiknya. Jadi hanya asik menggoyang batangnya saja.

Bunga kamboja memiliki wangi yang khas, mahkota bunganya ada yang berwarna putih hingga merah keunguan. Setiap bunga memiliki kelopak sebanyak 5 helai, namu ada juga sih yang memiliki 4 bahkan 6 helai. Tapi uniknya semua kelopaknya berukuran sama dan tumbuh bergerombol di setiap ujung cabang pohonya.

Aku penasaran sekali dengan Bunga Kamboja ini, akhirnya ku membaca Ensiklopedia Tumbuhan.

Konon di berbagai negara belahan dunia, bunga kamboja memiliki arti berbeda – beda. Seperrti dalam agama Hindu, kamboja sebagai dedikasi dan pengabdian karena memiliki filosifi dimana proses berbunganya terjadi pada sasih kapat ( bulan purnama keempat) yang di percaya sebagai bulan baik, tak heran masyarakat Bali menganggapnya sebagai Sari alam. Sedangkan dalam agama Buddha bunga ini berarti simbol keabadian, kenapa ya ? wahhh tambah penasaran kubaca terus sampai kutemukan jawabanya, ternyata bunga kamboja ini tidak cepat layu, meskipun pohonya telah tumbang lho.

Nah ada fakta menarik lainya nih, bunga ini dapat di temukan di suku bangsa maya kuno yang di gunakan sebagai lambang kehidupan dan kelahiran.Sedangkan di beberapa kebudayaan negara di dunia, seperti Hawaii, bunga ini melambangkan sesuatu yang positif. Di india di gunakan dalam pernikahan di kenakan pada rambut pengantin wanita. wah pasti cantik sekali pengantinya kalau memakainya. Dalam budaya Cina memiliki arti dengan cinta namun berbeda di negara Vietnam, bunga ini di gunakan untuk obat radang kulit sebagai penyembuhan.

Wahhh ternyata bunga kamboja sangat unik sekali, selain bunganya cantik dan aromanya sangat harum sekali.

1,222 Responses to “;) ASYIK BERSAMA KAMBOJA”