Allah Maha Kuasa

Sungguh sempurna ciptaan-Nya

Siklus hujan sangat luar biasa

Bumi subur semesta bahagia

Cuaca di pagi hari sangat cerah, dengan matahari yang bersinar begitu terang menjadikan semangatku semakin terasa hangat seperti pancaranya. Hari yang cerah di bulan januari, kumelihat sanwich sudah tertata di meja makan,yahhh itu buatan ibuku yang aromanya sangat tajam membangunkan indera penciumanku. Ibuku membuat olahan daging sendiri untuk isian sanwich dan sayur slada yang segar yang di tanamnya dalam pot depan rumah.

Hari ini benar – benar membuatku sangat semangat dan gembira. Karena sarapan sesuai menu keinginanku, yachhhh aku memesan satu hari sebelumnya pada ibuku.

“ bu … besok kinan ingin sarapan roti sanwich tapi isianya daging sama sayur aja”

“ okey , besok ibu buatkan sanwich. Tapi sekolahnya harus lebih semangat lagi ya?” jawab ibuku.

“okey bu “ ku balas menjawabnya.

Aku punya cerita, sedikit demi sedikit kegiatan sekolahku yang semakin hari semakin seru, merasa tertantang akan tugas – tugas dari Bu guru. Tugas kali ini yaitu mempresentasikan proses terjadinya hujan. Aku berfikir sebentar,ehhmmmm? Aku masih kecil sudah di suruh presentasi kataku dalam hati, memang badanku kecil aku masih anak TK B tapi semangat dan ingin tahuku sangat besar sekali. Ahhh aku pernah membaca dan mempelajari materi si titi dari kelas Selingkar ( Sekolah Literasi Sayang Keluarga ).

Akhirnya ku buka kembali materi itu, seperti biasa aku merangkumnya dengan membuat infografis, aku butuh waktu sedikit lama untuk mengerti materi kalau tidak menggambarnya dulu. Menggambar itu sudah menjadi hatiku karena bisa membuatku menjadi lebih mudah untuk belajar, meskipun gambaranku tidak bagus hahaha.Tapi aku tidak malu dengan gambaranku, jadi teman – teman kalau gambarnya juga tidak bagus sepertiku harus percaya diri ya?.Karena percaya diri itu membuat kita tambah semangat untuk terus belajar menjadi lebih baik.

“ bu…. ini infografisku sudah selesai, ibu koreksi ya? “

Ku berikan pada ibuku dan ibuku mulai mengeceknya

“ nan ada yang kurang, ini materi bu guru dari sekolah belum masuk ke infofragisnya.Coba di tambah lagi materi yang di berikan sama bu guru, okey “

Itu kata ibuku. Aku mulai bingung lagi bagaimana menambah dan menyambung cerita dari 2 materi menjadi satu. Akhirnya aku bertanya lagi pada ibuku.

“ Ini yang mana yang di tambahkan bu ? kalau semua aku kebanyakan untuk menghafalnya “

“ kinan gak harus menulis semua nya, tulis yang penting – penting saja? “

“Tapi ini penting semua bu “

“kinan ambil saja kosakata yang kinan anggap sulit,contohnya kondensasi, nah nanti waktu presentasi kinan boleh menjelaskan memakai bahasa kinan sendiri yang penting kinan sudah mengerti maksud dari kondensasi”.

Kemudian aku sedikit mulai menambahkan sesuai arahan ibuku.Alhamdulillah akhirnya selesai, aku mulai berlatih mencoba mempresentasikan di depan penonton, taukah teman – teman siapa penonton setiaku hahahah. Yuppsss benar sekali penonton itu adalah ibuku, dia selalu menjadi penonton setia bahkan bisa menjadi juri juga lo. Kayak yang di lomba – lomba itu hahahah.

Okey aku sudah siap beraksi ,,, eittssss lupa, bentar aku ambil white board dan kemudian aku gambar dulu untuk alatku presentasi. Nah selesai dan aku mulai beraksi di depan kamera dan ibuku memulai memvideonya.Aku bergaya seperti Ibu guru waktu menjelaskan hihihihihi seru banget. Rolling action

“ Semangat pagi bu guru dan teman – temanku semuanya

Semoga sehat selalu ya dan tetap semangat .Langsung saja ya teman – teman, kinan mau bercerita tentang proses terjadinya hujan teman – teman simak baik – baik ya.Namaku titi teman – teman. Nah Teman teman tau gak titi itu siapa ?hayo kalian bisa jawab gak.Ya benar titi itu adalah titik air, dia berasal dari air laut ketika matahari bersinar terik air laut menjadi hangat teman-teman panas matahari membuatku menjadi ringan, wahhh aku bisa terbang , aku menguap ke atas.Aku menguap ke atas teman – teman. Nah proses menguap ini di sebut evaporasi . titi bisa terbang jauh ke angkasa dia berkumpul dengan teman – teman yang lain, dia mengembung seperti awan proses ini di sebut kondensasi teman – teman. Lalu angin datang meniupku dan teman – temanku…… wussssssssss.Yuhuuuuuu kita terbang ke angkasa.Kita berkumpul di atas bukit. Wah awan kita sudah berubah menjadi gelap. Turun yukkks,di sini sudah ada banyak air yang yang menaik. Akhirnya hujan turun rintik- rintik”

Tik tik tik..

Bunyi hujan diatas genting
Airnya turun tidak terkira

Cobalah tengok dahan dan ranting

Pohon dan kebun basah semua

Nah itu presentasiku, kemudian hasil video di kirim ke bu guru untuk tugas sekolah virtualku. Bu Firoh bilang wahhh….. Good job seperti Bu Dosen cilik nih, ahhh jadi malu aku hehehe. Bagaimana dengan sekolah teman – teman pasti seru juga kan. Tetap semangat ya teman – teman .

39 Responses to “NAMAKU TITI”

Leave a Reply

Biodata

Assalamu’alaikum…

Hallo namaku Gusti Kinanti aku akrab di panggil kinan, aku sekolah di SD Ungggulan AL – YA’LU . Menggambar, menulis, bercerita, membaca  adalah hobiku. Bersepeda dan merawat kucing kegiatan rutinku di pagi hari. Aku suka mencoba tantangan yang baru baik literasi dan matematika, tidak takut untuk mencoba dan gagal karena berani mencoba itu hebat. Semangat belajar dan berkarya selalu berkibar.

NUBAR OMERA PUSTAKA

penulis favorit

Omera Pustaka
juara 2 lomba menulis cerpen
Selingkar